Heru Susetyo" Si Bolang"

By 12.26


Dilahirkan di Bandung, pada 13 Januari 1972. Menamatkan pendidikan menengah di SMAN 4 Jakarta Pusat pada tahun 1990. Selanjutnya melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok bagian Hukum Masyarakat dan Pembangunan dan tamat pada tahun 1996. Sejak itu, penulis langsung bekerja sebagai staf pengajar di almamaternya (FHUI) hingga kini. Tahun 1999 melanjutkan ke program Magister Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI dan lulus pada tahun 2003. Di sela-sela studi di FISIP UI, penulis memperoleh beasiswa Fulbright untuk menempuh program Master bidang International Human Rights Law di Northwestern Law School, Chicago - USA, diselesaikan pada tahun 2003. Pada tahun 2006 memperoleh beasiswa riset Asian Public Intellectual (API) - Nippon Foundation dan memilih topik riset tentang Disaster Management and Victim Services yang

dilaksanakan di Disaster Prevention Research Institute Kyoto University, Kyoto dan Institute of Asian Studies Chulalongkorn University - Bangkok. Sejak tahun 2007 melanjutkan studi PhD di Mahidol University, Nakorn Pathom- Thailand, bidang Human Rights and Peace Studies.

Pendidikan non formal bidang Hak Asasi Manusia dan Advokasi ditempuh di Jakarta (IKADIN 1999), Chicago - USA (civil rights advocacy training tahun 2002 dan 2003), Wellington - New Zealand (International Tribunal 2004), Mito, Ibaraki-Japan (Asian Postgraduate Course on Victimology tahun 2005 dan 2007), Kaohsiung Taiwan (Human Rights Education Training 2005), dan di Salzburg Austria (Salzburg Global Seminar) tentang Islamic Law and International Law pada October 2008.

Pada tahun 2004 terpilih untuk mengikuti internship di Amnesty International Secretariat - London dan pada tahun 2005 terpilih untuk mengikuti program pertukaran pemimpin muda muslim (young muslim leaders exchange) antara Indonesia - Australia.

Kini disamping bekerja sebagai sebagai Staf Pengajar tetap di FHUI, juga mengajar di beberapa perguruan tinggi di Jakarta, menjadi advokat di LSM PAHAM dan firma hukum SPARTAN, juga menjadi aktivitas kemanusiaan di beberapa NGO bidang kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia di Indonesia.

Sampai kini tertarik untuk mendalami issue tentang Hak-Hak Asasi Manusia, Kebijakan Sosial (social policy), Pembangunan Sosial (social development), Hukum Internasional, dan Civic Education.

Tinggal di Bangkok dan Jakarta dengan istri dan 4 (empat) orang anak. Dapat dihubungi via hsusetyo@ui.ac.id dan heru-s@heru-susetyo.com

You Might Also Like

0 comments