Sisi Negatif FB di " Sekolahku "

By 17.28

Facebook adalah salah satu website jejaring sosial yang sangat pesat kemajuannya dalam menarik anggota-anggota diseluruh dunia. Web yang mulanya diluncurkan hanya dikalangan mahasiswa saja dimana digunakan untuk komunikasi antar mahasiswa lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School di Amerika Serikat. Namun setelah beberapa bulan meluas dan mampu menarik perhatian manusia di dunia maya. Mungkin banyak aspek yang menjadikan facebook sebagai jejaring sosial yang paling diminati hingga sekarang ini, adri aplikasi yang tidak terlalu sulit serta komunikasi yang sederhana dan mudah dimengerti. Walaupun pernah ada opsi yang mengatakan facebook dibuat oleh orang yahudi namun kita tidak dapat pungkiri kalau facebook ini sangat berguna bagi komunikasi bagi kita, apalagi kalau saudara,teman, kerabat yang jauh dengan facebook seperti tidak ada batasan antara dekat dan jauh.

Itu adalah sedikit uraian keuntungan dan manfaat facebook bagi kita semua, namun demikian bukan berarti facebook itu selalu memberikan keuntungan untuk kita, kenapa? nah ini yang menjadi pertanyaan menarik dunia maya adalah dunia dimana kita bisa bebas beraksi dan berpose ria disana banyak sisi positif dan banyak pula sisi negatif yang ditimbulkan. Gak percaya? ini adalah salah satu contoh dari beberapa banyak sisi negatif dari facebook bagi kita.
Disalah satu negara X ada satu pasangan suami-istri, kebetulan mereka berdua mempunyai acount masing-masing difacebook. Dalam status hubungan mulanya mereka berdua mengisinya dengan "menikah" namun entah ada permasalahan apa pada saat itu sang istri mengganti status hubungannya dengan " lajang " apa yang terjadi??? sang suami yang saat itu sedang online melihat perubahan dalam stastus istrinya terkejut dan luar biasa marahnya. Beliau menelpon istrinya untuk pulang tetapi diluar dugaan sang suami dengan penuh amarah membunuh sang istri hanya karena perubahan status hubungan dalam facebooknya.

Tidak terkecuali sisi negatif di kalangan wargaSekolah ku "Sekolah yang kental akan nilai agamanya"!
Sungguh menyedihkan memang saat penulis melihat facebook salah satu siswi "Sekolah ku". Melihat photo dinding yang mempertontonkan auratnya walaupun tidak senonoh dengan membuka jilbabnya. tetapi tetap saja membuat hati ini berjuta-juta rasa. Bukan karena suka atau benci tapi karena kepedulian dan empati terhadap apa yang ia lakukan itu adalah salah. Bukankah siswa"Sekolahku" terkenal dengan syariat islamnya? bukankah siswa-siswi "Sekolahku" tergambar sebagai contoh pelajar islam sesungguhnya. Bagaimana kalau orang lain mengetahui photo tersebut bahwa ia adalah siswi "Sekolahku" ? mau dikemanakan image "Sekolahku"? hanya karena siswinya yang tidak menyadari tanggung jawab sebagai seorang muslimah yang diwajibkan menutup auratnya. (Qs. al-A’râf [7]: 26) yang artinya :“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan.”

Terkait dengan Muslimah, syara’ tidak hanya mewajibkan menutup auratnya, tetapi juga mengatur pakaiannya. Kewajiban wanita mengenakan busana Islami ketika keluar rumah merupakan kewajiban tersendiri yang terpisah dari kewajiban menutup aurat (satru al-aurat). Dalam kehidupan umum, yaitu pada saat seorang wanita keluar rumah atau pun wanita di dalam rumah bersama pria yang bukan muhrimnya maka syara’ telah mewajibkan kepada wanita untuk berjilbab. Pakaian jilbab yang diwajibkan tersebut adalah memakai khimar (kerudung), jilbab (pakaian luar) dan tsaub (pakaian dalam). Jika bertemu dengan pria yang bukan muhrimnya atau keluar rumah tanpa menggunakan jilbab, meskipun sudah menutup auratnya, maka ia dianggap telah berdosa karena telah melanggar dari syara’.
Mulai sekarang yang merasa photonya dipampang disini ayo mulai hari ini kita buat perbaikan diri, jadikan hal ini sebagai teguran dan kesadaran bagi kita semua bahwa kita sebagai pelajar Islami yang cerdas dan bermoral Jadikan kejadian ini untuk lebih baik kedepannya untuk menjadi Siswa yang bertanggung jawab atas diri sendiri dan orang banyak serta Allah SWT. Yang terpenting menjadi contoh bagi masyarakat setelah lulus sekolah. Wallahualam

You Might Also Like

1 comments