Bermain dengan masa lalu

By 10.04


Masa lalu, selalu menyimpan sejuta kisah dalam hidup kita, susah, senang semua ada. Dan kadang masa lalupun menjadi suatu hal yang sangat tidak bisa dilupakan bahkan menjadi hal yang memalukan apabila kita mengenangnya. Dan ada beberapa versi masa lalu yang bisa kita lupakan, entah masa lalu yang baik, atau masa lalu yang pahit. Masa lalu baik tentu adalah suatu kebangaan tersendiri apabila kita mempunya kisah tersebut sejatinya manusia selalu menorehkan sejarah dalam setiap kehidupannya namun sayangnya terkadang kita tidak menyadari setiap perjalanan kita adalah sejarah. Masa lalu pahit apabila kita jabarkan peristiwa-peristiwa kita selama hidup didunia sudah tentu kita mempunyai masala lalu pahit, dan apabila kita mengenangnya terasa begitu pedih serta hati luluh karena peristiwa tersebut. Entah berhubungan dengan takdir Allah ataupun berhubungan dengan karir kita.

Pepatah Sunda kuno mengatakan ada dahulu ada sekarang, tiada dulu tiada sekarang. Artinya apa yang terjadi hari ini adalah hasil dari perbuatan kemarin, dan apa yang kita perbuat sekarang sangat menentukan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Sudah hal yang biasa apabila banyak orang terlarut oleh masa lalu sedangkan perjalanan hidup masih panjang. Dalam hal ini orang tersebut bisa dibilang adalah orang yang rugi, karena mereka hanya memandang suatu masalah dari satu sudut , tanpa melihat kanan ataupun kiri bahkan depan dan belakang. Padahal setiap masalah punya jalan keluar masing-masing dan jalan itu tentu kita sendiri yang harus menemukannya. Walapun sulit tetapi bertegarlah dan besabarlah karena "Allah bersama orang-orang yang sabar" dan tentu Allah pula tidak akan meberikan suatu masalah diluar batas kemampuan kita. Sejatinya manusia hanya bisa mengeluh terhadap masalah yang ada di hadapan ia dan terlalurt didalamnya, sehingga ia pun hancur oleh dirinya sendiri.

Bermainlah dengan masa lalu,
mungkin sedikit konyol saat kalimat tersbut didengar, "bermain dengan masa lalu" makna bermain disini ialah bukanlah sekedar bermain namun lebih ditekankan kepada bagaimana kita belajar dan mencoba lebih maju untuk masa depan dengan pertimbangan-pertimbanganyang sudah kita hadapi di masa lalu. Suatu hal yang bodoh ketika kita ingin kembali ke masa lalu namun ssangat lah berlian ketika kita mempunyai masa lalu, kita ingin merubah masa lalu pahit itu dan belajar dengan masa lalu.


You Might Also Like

0 comments