Lendo Novo : Education For All

By 10.16 , ,

"Saya lebih menghormati tukang becak yang sholeh ketimbang dengan
menteri,profesor,doktor 
yang korupsi" Lendo Novo






Atas dasar keprihatinan terhadap pendidikan di Indonesia. Munculah sekolah Alam dan Islam Terpadu Indonesia diberbagai penjuru negeri sebagai bentuk revolusi pendidikan bagi seluruh anak-anak di Indonesia. Dia lah Lendo Novo   sang pendiri sekolah tersebut, mantan aktivis 1989 yang pernah merasakan dipenjara sebab menolak kedatangan Menteri Dalam Negeri  Rudini,

Kronologis Abang dari Kecil Hingga Saat ini Sampai Berpikiran Mendirikan Islam Terpadu dan Sekolah Alam?

sebuah konsep berbeda ditengah kusutnya pendidikan di Indonesia. Saya yang sejak kecil  sering disetrap dan dipenjarakan. Karena pendidikan umum tidak dapat menerimanya. Menurut saya pendidikan umum ketika itu hanya menerima orang yang normal-normal saja. Bukankah pendidikan untuk semua, baik dia anak-anak yang berkebutuhan khusus bahkan dengan para difabel. Prinsip-prinsip tersebut tidak berkesesuaian dengan Education for All . Dimana tujuan pendidikan itu  seharusnya menjadikan manusia itu sesuai dengan tujuan PenciptaNya.

Saya pernah baca berita, kalo disana tertulis abang pernah di penjara, itu kenapa bang ?

Yah, saya sempat dipenjara pada tahun 1989 sebab menolak kedatangan pemerintah di kampus ITB. Ketika saya diperingati oleh petugas "kamu itu baru S2 saja sudah berani melawan pemerintah" lalu saya jawab "Saya lebih menghormati tukang becak yang sholeh ketimbang dengan menteri,profesor,doktor yang korupsi".

Sekarang  pandangan Bang Lendo Melihat Pendidikan di Indonesia ?

Ketika saya mencoba mengkoreksi ternyata ada banyak kesalahan-kesalahan dalam pendidikan. Dan saya termasuk menjadi korban ketidaknyamanan pendidikan. Oleh karenanya hal sederhana yang ingin saya lakukan adalah menciptakan sekolah yang nyaman. Dan saya tidak yakin pada tujuan pendidikan pemerintah oleh karena itu saya mengikuti tujuan pencipta” Pendidikan itu harus melahirkan manusia yang ramah lingkungan dan cinta damai. Rasulullah diperintahkan itu jelas sebagai Rahmatan lilalamin, rahmat bagi semesta alam.


Bisa Dijelaskan Tentang Konsep Sekolah Alam dan Islam Terpadu Saat Itu?

Konsep sekolah alam dan Islam terpadu ini, yakni membangun sekolah yang menyatu dengan alam, melakukan konservasi lahan dan berbagai tanaman sehingga burung-burung dan serangga akan berdatangan dan kemudian itu menjadi media center, dengan metodologi tersebutlah  anak-anak belajar kimia, fisika, matematika dengan plant sains. Sehingga pelajaran yang dibangun  membuat anak-anak menjadi ramah lingkungan, punya kepercayaan diri yang tinggi karena mampu mengelola lahan sendiri.

Pada sekolah alam ini ada 4 kurikulum : pertama akhlaq, pada akhirnya kita ketika mati akan ditanya amal sholeh apa yang sudah dikerjakan di dunia, Kedua logika, jika kita menguasai matematik maka kita bisa menguasai semua ilmu pengetahuan ketiga leadership, setiap manusia dimuka bumi adalah khalifah atau pemimpin dam keempat enterpreneurship, pembelajaran menjadi pengusaha sejak dini.

Harapan Abang Terhadap Pendidikan di Indonesia ?

Cita-cita saya hanya satu ingin mengalahkan KH. Ahmad Dahlan, mendirikan ribuan sekolah di Indonesia kalau dulu beliau melawan kolinial Belanda, saat ini kita melawan kedzaliman yang ada.  Harapan saya yah, Indonesia harus menjadi negara yang teladan, negara lain tidak punya hutan sebaik kita, tidak punya orang beriman sebaik kita jadi sangat mudah membuat Indonesia lebih baik, jika masyarakatnya mau merubah nasibnya sendiri. Jika Indonesia berhasil memperbaiki lingkungannya kita bisa menjadi teladan bagi bangsa-bangsa lainnya

Ų„ِŁ†َّ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡َ Ł„Ų§ ŁŠُŲŗَŁŠِّŲ±ُ Ł…َŲ§ ŲØِŁ‚َŁˆْŁ…ٍ Ų­َŲŖَّŁ‰ ŁŠُŲŗَŁŠِّŲ±ُŁˆŲ§ Ł…َŲ§ ŲØِŲ£َŁ†ْŁُŲ³ِŁ‡ِŁ…ْ

Sesungguhnya Allah tidak mengubah suatu kaum sampai mereka mengubah diri mereka sendiri? (QS. Arrad ayat 79)

You Might Also Like

0 comments