Mesin Kopi Ternyata Berpangaruh Pada Kenikmatan Rasa

By 14.56

Kenikmatan kopi dalam segelas cangkir telah menjadi keseharian para pecinta kopi di seluruh dunia, bukan hanya pria tetapi juga wanita. Pengolahan kopi yang awalnya masih tradisional, kini makin canggih, hanya dengan satu mesin pengolah kopi, layaknya espreso, kenikmatan dari sari atau inti kopi bisa didapat dengan mudah. Tentu saja ada banyak sekali merek dan jenis mesin atau alat pembuat kopi. Salah satu pertimbangan utama dalam memilih  mesin kopi adalah ukuran seperti apa yang dibutuhkan.  Apakah anda ingin membuat secangkir kopi saja atau beberapa cangkir sekaligus? Mesin pembuat kopi biasanya mempunyai kapasitas untuk menghasilkan beberapa cangkir kopi sekali buat. Ini juga akan berhubungan dengan jenis kopi apa yang akan anda buat. Banyak mesin atau alat penyeduh kopi untuk menghasilkan cita rasa kopi yang berbeda.

kualitas kopi tidak akan terlepas dari biji kopi yang dipergunakan. Kualitas biji kopi tergantung  pada kombinasi beberapa faktor, di antaranya selang waktu antara penggilingan dan pemanggangan. Semakin cepat biji digiling setelah dipanggang akan semakin baik karena bila terlalu lama akan mengurangi kualitas kopi. Tetapi hal ini bisa diminimalisir jika Anda menyimpannya dengan tepat.  Namun daripada itu Mesin Kopi memegang peranan yang penting dalam pemasakan kopi sehingga anda harus menjamin bahwa mesin anda berkualitas baik. Mesin tersebut dicirikan dengan kemampuannya untuk menjaga kestabilan suhu.

Selain itu, mesin harus dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dengan sedikit perawatan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pembersihan rutin mesin anda agar mesin anda dapat terus bekerja optimal selama bertahun-tahun. Ingatlah bahwa mesin yang bersih memberikan rasa kopi yang lebih enak daripada mesin yang kotor. Jangan sembarangan menggunakan produk pembersih, pergunakan hanya yang direkomendasikan untuk mesin anda. Setelah kopi selesai dimasak, maka penyajian kopi harus memperhatikan cangkir kopi yang dipergunakan. Cangkir kopi yang ideal harus memiliki diameter yang cukup sehingga aroma dapat mencapai hidung. Hal ini karena aroma merupakan faktor utama yang mempengaruhi indera perasa.

Selain itu, cangkir kopi yang Anda pergunakan juga harus mampu menjaga suhu kopi tetap panas untuk waktu yang cukup lama. Anda bisa menyiapkan cangkir porselen karena kemampuan insulasi suhunya. Bila Anda menghendaki, anda juga dapat menyiapkan cangkir yang terbuat dari baja tahan karat atau yang berdinding gelas ganda, yang tentunya memiliki kemampuan insulasi yang lebih baik. 


Dipublish juga di liputan6

Cek Linknya : http://news.liputan6.com/read/822886/mesin-kopi-berpengaruh-pada-kenikmatan-rasanya

You Might Also Like

0 comments