Sambut Ramadhan Dengan Tujuan Bertaqwa

By 00.12

Mungkin tepat seminggu lagi apabila Kementerian Agama menyatakan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada  tanggal 11 Agustus Masehi 2010. Apa yang sudah anda persiapkan untuk menyambut bulan penuh berkah ini ? Apa kita sama sekali belum mempersiapkannya, jangan sampe deh. Karena memang momen Bulan Suci ini adalah momen yang tepat untuk membenahi diri dan belajar lebih baik untuk kedepannya. Berbicara bekal sudah tentu tidak sembarangan Allah mepersiapkan Bulan Ramadhan ini utnuk kita, Ia memanjakan kita dalam 1 bukan selama 1 tahun dimana bulan ini kita benar-banr dimanja Allah. Yang wajib 2x lipat balasannya, dan yang sunnah sama dengan yang wajib imbalannya. Suatu momen yang benar2 jangan sampai kita menyia2kannya karena banyak orang yang begitu ingin enghirup dan merasakan indahnya ramadhan namun Allah berkehendak lain. Pada postingan kali ini saya tidak akan banyak panjang lebar tentang bulan Ramadhan namun akan sedikit share bagaimana kita harus mempunyai tujuan dibulan ini dan memberi sedikit bekal ilmu untuk menjalaninya Ramadhan.

Tips jitu bekal ramadhan Al baqarah 183-187 :

1. Memasuki Ramadhan dengan iman,
 "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa dimana telah diwajibkan orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa" Arti Al Baqarah 183. Pada ayat ini sudah jelas bahwa hanyalah orang beriman saja yang boleh ikut Ramadhan dan yang boleh ikut puasa. Karena apabila kita memasuki Ramadhan tanpa iman akan sia-sia. Mari ikta tanyakan pada diri kita apakah kita sudah beriman atau tidak, adapun rukun iman ada 6 yaitu :
(1) Beriman kepada ALLAH SWT
(2) Beriman kepada Malaikat-malaikat
(3) Beriman kepada Kitab-kitab
(4) Beriman kepada Rasul-rasul
(5) Beriman kepada Hari Kiamat
(6) Beriman kepada Qada dan Qadar

2. Selama Ramadhan harus berpuasa, sudah pasti apabila kita memasuki ramadhan harus dengan berpuasa karena hukum berpuasa di bulan ramadhan adalah wajib, namun banyak orang yang dengan enakknya membatalkan puasanya dibulan Ramadhan dengan beberapa alasan yang tidak masuk akal, padahal sudah ada ketentuan yang jelas siapa2 yang wajib membatalkan saat berpuasa di bulan Ramadhan.

3. Tegakkan Puasa Dengan Ketegakan Fitrah 
Yang membedakan manusia dengan kucing itu ialah berpuasa, maka dari apabila ada manusia yang tidak berpuasa di waktu Ramadhan maka ia tidak halnya dengan kucing dan sejenisnya.

4. Masuk Ramadhan dengan Tujuan Taqwa, karena percuma apabila kita memasuki Ramadhan tanpa tujuan sama halnya kita berjalan dan berlayar tanpa ada tujuan yang jelas mau kemana kapal kita.

5. Jangan Cari Alasan untuk tidak berpuasa, ini nih penyakit kebanyakan orang, mencari2 alasan untuk tidak berpuasa padahal apa yang dilakukan dengan alasan lelah sehabis belanja. :-D

6. Beberapa Kondisi yang menghalalkan tidak berpuasa,

(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

7. Baca Alquran Di Ramadhan adalah khusus
Kalau kita selama ini baca Qur'an di bulan2 biasa kadang2 kali ini kita coba untuk mengkhusukan membaca Quran lebih khusus dan lebih banyak, karena  tidak heran banyak ulama mengatakan bahwa Ramadhan juga adalah bulan membaca Al Quran

8.Inti puasa bukan untuk dipersulit tapi untuk dipermudah

9. Memaksimalkan waktu , mugnkin dibulan Ramadhan terasa sangat malas untuk beraktivitas namun jangan karena alasan itu kita tidak bisa memaksimalkan waktu, karena setiap orang yang tidak memaksimalkan waktu akan dipertanggung jawabkan dan kalau belum maksimal maka ia belum bersyukur.

10. Rangkaian Bulan Ramadhan Adalah Doa, banyak2 berdoalah saat bulan Ramadhan karena orang2 yang mendapatkan petunujuk adalah orang2 yang banyak doa . Dan orang yang sombong adalah orang yang tidak mau berdoa.

11. Pentingnya sahur di bulan Ramadhan, hukum sahur adalah sunnah taqdimm, dan apabila kita tahu bahwa sahur itu adalah pembawa berkah bagi kita.

12. Itikaf 10 hari terakhir
Beritikaf adalah puncak dari ke 11 rangkaian yang penulis jabarkan bawha 10 hari terakhit ini kita coba untuk menjauh dari hiruk pikuk dunia, dan mencoba mengkodisikan diri kita dihadapan Allah SWT. Hanya kita dan Allah yang ada bukan dia, atau siapa lah yang bisa mengganggu itikaf kita di 10 hari terakhir.

Mungkin hanya 12 saja yang bisa di share kalau ada yang ingin ditambahkan silahkan, bukan bermaksud menggurui hanya sekedar berbagi. Kurang lebihnya mohon maaf. Akhir kata Ah lan Wa Sahlan Ya Ramadhan!!!

You Might Also Like

0 comments